Beranda » Uncategorized » Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda – Kuda

Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda – Kuda

Dipublish pada 22 November 2022 | Dilihat sebanyak 2.246 kali | Kategori: Uncategorized

Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda – Kuda, Tipe ini merupakan tipe yang paling sering digunakan sebagai rangka atap teras atau garasi karena bentuknya yang sederhana, kemiringan yang pas, dan juga mudah dalam pemasangannya. Dalam suatu konstruksi, rangka kuda adalah susunan rangka yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar baja ringan, beton bertulang, kayu, atau bambu. Fungsi utama dari truss adalah sebagai Rangka Atap Baja Ringan utama yang akan menopang atap secara keseluruhan.

Pemasangan kuda-kuda harus sesuai dengan bahan yang digunakan. Salah satunya dalam hal ritual jarak antar kuda. Jika terlalu kencang akan membutuhkan biaya tambahan yang banyak, namun jika terlalu longgar maka struktur atap akan kurang kokoh.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Tips Menentukan Jarak Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda – Kuda

Untuk menentukan jarak rangka atap baja ringan setengah kuda, harap dipahami faktor-faktor berikut:

Jenis Bahan Yang Digunakan

Karena pembahasan utama disini berkaitan dengan baja ringan, maka kita akan fokus pada pembuatan jarak kuda-kuda untuk bahan baja ringan berdasarkan ketebalan bahan itu sendiri. Semakin tebal merk/jenis baja ringan yang Anda gunakan maka jarak yang harus diperlebar agar biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Berikut adalah contoh aplikasi jarak kuda-kuda berdasarkan merek baja ringan yang digunakan:

  • Baja ringan merk Bluescope atau Taso dengan ukuran 0.75 mm, jarak antar kuda yang disarankan antara 80 cm – 120 cm.
  • Baja ringan merk Bluescope atau Taso dengan ukuran 1 mm ke atas, jarak antar kuda antara 100 cm – 160 cm.
  • Untuk baja ringan merk lain dengan ukuran yang sama dengan kedua merk diatas, jarak antar kuda dibuat lebih dekat sekitar 20 cm agar struktur lebih kuat.

Jenis Atap yang Digunakan

Tidak hanya memperhatikan bahan rangka baja ringan, Anda juga harus memperhatikan jenis/tipe atap yang digunakan untuk rumah Anda. Hal ini sangat penting, karena setiap jenis atap tentunya memiliki berat dan ukuran yang berbeda. Jadi jarak rangka harus disesuaikan dengan jenis atap.

Keuntungan Menggunakan Baja Ringan

Jika dibandingkan dengan atap yang terbuat dari kayu biasa, atap baja ringan jelas memiliki elastisitas yang lebih banyak sehingga banyak orang yang tertarik menggunakannya. Selain itu, daya tahannya juga sudah teruji lebih lama. Berbeda dengan atap kayu yang sangat mudah retak dan lapuk. Apalagi dengan pemasangan yang tepat melalui jasa pemasangan baja ringan murah.Berikut beberapa keuntungan menggunakan atap baja ringan.

Lebih Elastis Dan Juga Memiliki Kualitas

Meski sifatnya jauh lebih ringan, ternyata atap baja ringan jauh lebih elastis dan juga memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan atap kayu. Kekuatan tariknya sekitar 550 Mpa dan jauh lebih besar dari tegangan konvensional baja yang hanya mencapai 300 Mpa. Bahkan baja ringan dapat menahan keruntuhan yang membuat bangunan menjadi lebih kuat.

Prosesnya Sendiri Jauh Lebih Mudah

Mengenai proses pemasangan atap dari rangka baja ringan, prosesnya sendiri jauh lebih mudah. Ini karena tidak ada kesulitan dalam sistem koneksi yang membuatnya tidak rumit untuk dipasang. Dengan proses instalasi yang mudah, dapat menghemat waktu instalasi yang hanya beberapa minggu.

Memiliki Berbagai Macam Bentuk

Atap baja ringan memiliki berbagai macam bentuk yang sangat bervariasi dan dapat di sesuaikan dengan bentuk atap rumah atau bangunan. Bahkan bisa sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika ingin membuat atap yang lebih kuat, sebaiknya baja ringan dipasang berdekatan.

Anti karat

Meski atap ini terbuat dari logam, namun atap baja ringan ini juga memiliki kualitas anti karat. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan karena tidak perlu melakukan perawatan secara rutin. Daya tahannya juga bisa lebih lama dan sangat mengirit biaya perawatan.

Desain Atap Rumah dengan Konstruksi Baja Ringan

Keterampilan Atap

Atap Skillion juga dikenal sebagai atap mono-pitch atau gaya gudang. Bentuk atap ini tampak memiliki satu permukaan datar dan dua sisi miring yang bertemu di bagian atas tengah bangunan. Bentuk lereng yang terlihat curam tidak hanya membuat air hujan mudah jatuh ke tanah. Model atap ini terlihat modern dan cocok untuk rumah minimalis.

Atap Pelana

Bentuk atap pelana tentu sudah tidak asing lagi. Karena di Indonesia model atap ini banyak diterapkan dan sepertinya sudah menjadi trend setter. Ciri-ciri atap pelana adalah memiliki dua sisi miring yang menyatu di bagian atas, sehingga terlihat seperti segitiga. Kemiringan di kedua sisi juga membuat atap jenis ini cocok diterapkan di Indonesia karena akan memudahkan air hujan jatuh ke tanah. Lebih dari itu, desain atap pelana juga tidak lekang oleh waktu dan bisa dipadukan dengan model rumah minimalis.

Gable Belanda

Atap pelana Belanda juga dikenal sebagai atap pelana Belanda atau atap pelana bertingkat. Jenis atap pelana belanda merupakan kombinasi dari atap pelana dan perisai. Dimana biasanya model ini terdiri dari atap pelana yang diletakkan di atas pelindung atap, sehingga membentuk ruang yang lebih dalam di loteng.

Demikian ulasan tentang, Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda – Kuda. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Memilih Baja Ringan Kencana

Mengapa Memilih Baja Ringan Kencana?

Dipublish pada 15 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 2.188 kali | Kategori: Uncategorized

Baja Ringan Kencana – Berikut penjelasan jika menggunakan Baja ringan kencana truss, Juga Anda akan mendapatkan informasis tentang harga baja ringan kencana truss, spesifikasi baja ringan kencana truss Baja ringan Kencana saat ini menjadi pilihan banyak orang karena kualitasnya yang... selengkapnya

Harga Rangka Atap Baja Ringan Per Batang

Harga Rangka Atap Baja Ringan Per Batang

Dipublish pada 9 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 2.217 kali | Kategori: Uncategorized

Baja Ringan Prambanan melayani Harga Rangka Atap Baja Ringan Per Batang di wilayah Prambanan, Klaten, Yogyakarta, Solo, Magelang, Boyolali, Salatiga dan sekitarnya Ada banyak jenis bahan bangunan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah baja ringan yang dipasang... selengkapnya

Cara Memasang Rangka Baja Ringan

Cara Memasang Rangka Baja Ringan

Dipublish pada 13 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 2.207 kali | Kategori: Uncategorized

Perkembangan teknologi konstruksi bangunan melahirkan sebuah mahakarya berupa Rangka Baja Ringan . konstruksi, ini adalah rangka yang digunakan untuk menopang atap sebuah bangunan dan terbuat dari baja ringan. Rangka ini memiliki struktur yang sangat kokoh, tahan lama, tahan rayap, dan... selengkapnya