Beranda » Uncategorized » Mengenal Model Rangka Atap Baja Ringan

Mengenal Model Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 26 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 147 kali | Kategori: Uncategorized

Rangka Atap Baja Ringan, Anda bingung memilih menggunakan rangka kayu atau rangka baja konvensional untuk atap rumah anda? Rupanya saat ini keduanya bukan lagi pilihan terbaik. Dalam dunia properti dan konstruksi, saat ini rangka atap baja ringan menjadi primadona. Sifat dasarnya yang ringan namun kuat membuat rangka atap baja ringan lebih unggul dari rangka kayu atau baja konvensional.

Model Rangka Atap Baja Ringan

Model Rangka Atap Baja Ringan

Saat ini penggunaan rangka atap kayu masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun terkadang ada yang masih bingung dalam memilihnya, maka dari itu kami hadirkan beberapa kumpulan gambar atap rumah minimalis untuk pembaca sekalian. Berikut beberapa Model Rangka Atap Baja Ringan.

Model Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Bentuk Piramida

Seperti namanya, bentuk konstruksi rangka atap model ini memiliki bentuk yang megah, dengan persegi di bagian bawah dan di bagian atas. Sehingga dari depan atap terlihat memiliki bentuk segitiga. Memerlukan proses perhitungan yang tepat untuk membangun jenis atap ini, agar panjang, lebar dan tinggi sesuai dengan standar keselamatan. Apalagi dalam penerapannya bentuk lukisan sering diulang-ulang untuk mendapatkan estetika estetika dari desain rumah yang dibutuhkan.

Atap Pelana

Jenis atap ini sangat sederhana, artistik, sederhana dan banyak digunakan pada desain rumah baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Seperti bentuk pelana pada kuda, desain atap ini hanya memiliki dua bagian utama yang memiliki kemiringan sudut yang sama. Bentuk masing-masing sisi atap persegi, namun jika dilihat dari depan kombinasi keduanya akan tampak berbentuk segitiga dengan sudut kemiringan minimal 30 derajat.

Model atap ini sangat populer di daerah tropis seperti Indonesia dengan kemampuan menyerap panas yang sangat baik. Ujung atap yang biasa disebut bubungan, karena musim hujan berisiko bocor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dipasang talang air yang berfungsi mengalirkan air hujan agar tidak berisiko masuk ke dalam rumah.

Selain kayu, model ini juga dapat dibangun dengan Konstruksi Atap Baja Ringan. Selain mempermudah proses pengembangan, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan bahan tersebut, salah satunya tahan lama digunakan.

Bentuk Atap Piramida

Konstruksi atap baja ringan ini memiliki bentuk seperti arsitektur, atau biasa dikenal dengan atap berbentuk perisai. Model ini merupakan pengembangan dari jenis desain atap pelana yang juga memiliki bentuk yang identik. Secara konsep, bentuk atap rumah yang satu ini memiliki dua bidang miring yang disesuaikan dengan luas dan kebutuhan desain bangunan.

Dengan empat (minimal) bagian sudut membentuk segitiga siku-siku dan sudut kemiringan yang sama (antara 30-40 derajat). Proses memainkan sudut dan bentuk yang presisi membuat rumah dengan bentuk atap ini memiliki tampilan yang artistik. Atap jenis ini sering dipadukan dengan permainan jendela kaca lebar dengan tujuan kebutuhan sinar matahari yang dapat masuk secara alami ke dalam rumah.

Konstruksi Atap Baja Ringan Datar

Desain konstruksi atap ini membuat bangunan terlihat simetris dengan bentuk persegi. Dengan bagian atas dan bawah yang rata, sering digunakan dalam konsep bangunan rumah dan bangunan dengan tema minimalis modern. Bangunan dengan konsep ini biasanya dibangun tidak hanya satu lantai, tetapi seringkali beberapa lantai dengan konsep balkon yang terbuat dari tulang beton.

Sedangkan atapnya menggunakan berbagai bahan baku mulai dari asbes dan sebagainya. Untuk memperlancar aliran air hujan, konstruksi atap biasanya dibuat dengan sudut kemiringan yang sangat kecil, meskipun terlihat tidak terlalu signifikan. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan ruang air hujan pada tempatnya.

Bentuk Atap Keterampilan

Sekilas model atap ini memiliki perpaduan konsep atap datar dan atap pelana. Namun, bentuknya tidak presisi dan dibuat terlihat miring dengan sudut yang landai. Biasanya digunakan pada bangunan dengan konsep modern kontemporer. Konstruksi atap biasanya menggunakan material baja ringan, dengan ujung-ujung atap dipadukan dengan dinding vertikal.

Atap Mansard

Konsep rangka atap ini paling sering kita jumpai di banyak film Hollywood dan sering disertai dengan fasilitas cerobong asap. Sehingga rumah jenis ini biasanya dibangun oleh orang Eropa atau Amerika yang sedang musim dingin. Konsep bangunan konstruksi atap ini pada dasarnya memiliki bentuk bertingkat atau terstruktur dengan alas berbentuk persegi.

Sedangkan bagian sampingnya memiliki sudut kemiringan yang curam, dengan bagian atas yang rata. Konsep bangunan ini pertama kali diperkenalkan di Perancis dan mulai berkembang di Eropa hingga Amerika. Umumnya bagian atas atau loteng dipadukan dengan ruangan tambahan, sebagai tempat tidur utama atau gudang.

Konstruksi Atap Gergaji

Perpaduan konsep sadel dengan siklon yang didesain berulang-ulang. Sehingga kombinasi garis yang dibuat mirip dengan mata gergaji dengan rangkaian atap bangunan yang dipasang sejajar. Konsep ini paling sering digunakan pada bangunan dengan tema industrial. Selain dibangun dengan rangkaian kayu atau beton, konstruksi atap ini juga sering menggunakan baja ringan.

Dengan kombinasi sudut kemiringan 30 dan 60 derajat. Namun dari segi estetika, sudut yang digunakan seringkali dikembangkan sesuai dengan kebutuhan desain yang diinginkan. Konsep bangunan ini banyak dijumpai di Eropa dengan Rusia sebagai pionir pertama yang menggunakan konstruksi atap jenis ini. Bentuk atap yang curam memberikan kelebihan sinar matahari yang bisa masuk langsung ke dalam rumah.

Demikian ulasan tentang, Mengenal Model Rangka Atap Baja Ringan . Semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Jasa Pasang Kanopi di Boyolali

Jasa Pasang Kanopi di Boyolali

Dipublish pada 5 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 209 kali | Kategori: Uncategorized

Jasa Pasang Kanopi Baja Ringan di Salatiga Melayani pasang kanopi baja ringan area Salatiga dan sekitarnya. Kanopi dengan bahan dasar baja ringan memang relatif lebih murah dibandingkan dengan kanopi jenis lainnya. Dari sisi materi kanopi baja ringan juga relatif kuat... selengkapnya

Jasa Pasang Plafon Gypsum Di Salatiga

Jasa Pasang Plafon Gypsum Di Salatiga

Dipublish pada 5 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 204 kali | Kategori: Uncategorized

Jasa Pasang Plafon Gypsum di Salatiga Plafon Gypsum merupakan salah satu penunjang estetika ruangan disamping berfungsi sebagai penahan kotoran dan panas. Anda yang kebetulan berdomisili di Salatiga yang membutuhkan tukang pasang plafon gypsum kami ada solusinya. Kami menawarkan pemasangan plafon... selengkapnya

Pemasangan Atap Baja Ringan

Pemasangan Atap Baja Ringan Yang Benar

Dipublish pada 26 Desember 2022 | Dilihat sebanyak 144 kali | Kategori: Uncategorized

Pemasangan Atap Baja Ringan Yang BenarĀ perlu diperhatikan pada saat terjadi pemotongan, pengeboran, pengelasan atau penggoresan, permukaan yang terkena akan mudah terkena karat, sehingga diperlukan penanganan lebih lanjut. pada saat memasang Rangka Atap Baja Ringan (galvalume) hal-hal yang harus dilakukan. Penggunaan... selengkapnya