Modem Bekas Indihome Jadi Akses Poin WiFi

Modem speedy saat ini sudah tidak bisa digunakan karena memang speedy sudah pensiun dan menjadi Indihome Fiber. Bagi anda yang memiliki modem Wifi dari Speedy maka bisa kita manfaatkan sebagai pemancar WiFi di rumah. Cukup lumayan hemat biaya karena harga akses poin di pasaran masih sekitar 200 ribuan.

Langkah Setting Modem Bekas

Ada banyak tipe modem speedy yang sudah tidak beroperasi seperti. Cara untuk menjadikan Modem Speedy menjadi akses point wifi di rumah tidaklah terlalu sulit. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Hubungkan port LAN komputer dengan port LAN modem speedy bekas. Pastikan komputer tidak terkoneksi dengan modem yang baru (modem utama) agar tidak terjadi kesalahan setting.
  2. Login ke admin page modem bekas speedy dengan mengakses IP 192.168.1.1 dari browser. Rata-rata IP tersebut merupakan IP default meskipun terkadang ada juga yang tersetting di IP 192.168.1.254.
  3. Masuk ke setting IP address dan ubah IP default 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.10 atau yang lainnya terserah. Hal ini dimaksudkan agar nantinya tidak terjadi bentrok antara Modem indihome aktif dengan AP bekas tadi.
  4. Pastikan IP modem bekas speedy tadi sudah berubah dengan cara mengakses IP yang kita ganti barusan.
  5. Matikan DHCP pada modem bekas speedy tadi. Maksudnya agar lease DHCP tetap berasal dari modem utama agar tidak terjadi kesalahan gateway dan bentrok IP.
  6. Tarik kabel LAN dan hubungkan port modem aktif ke port LAN modem bekas. Pasang modem bekas tersebut di area yang jauh dari modem utama agar fungsi memperluas jaringan wifi rumah bisa bekerja.

Topologi Pemasangan Akses Poin

Setelah setting modem selesai maka kita tinggal melakukan pemasangan perangkat dan pasang kabel jaringan. Pemasangan cukup sederhana yaitu kita bisa menarik kabel LAN dari output Modem utama ke port RJ45 pada ether lokal modem bekas. Berikut ini gambar topologi pemasangannya.

 

Bagikan ke Temanmu

Copyright © 2021 - JP.com
Whatsapp Jepe