Tips Mempercepat Kinerja dan Loading Windows

Bagi sebagian orang komputer sudah menjadi teman aktivitas sehari-hari. Komputer bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari khususnya bagi karyawan kantor yang kerjanya tidak lepas dari komputer. Untuk memperlancar pekerjaan tentunya anda membutuhkan komputer dengan performa cepat.

Cara mempercepat kinerja windows komputer atau laptop tidak begitu sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah dan tidak perlu mengundang teknisi komputer. Tidak perlu alat tambahan dan software macam-macam agar komputer anda tidak lemot.

Penyebab Windows Lemot

Terlebih dahulu mari kita ketahui apa yang menyebabkan komputer / laptop terasa lemot. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari software maupun hardware komputer itu sendiri. Tanpa kita sadari terkadang penggunaan kita sendiri yang bisa mendatangkan masalah ini. Contohnya seperti aktifitas browsing kemudian tidak sengaja men-download malware yang bisa menyebabkan komputer lemot.

Selain software masalah komputer lemot juga bisa berasal dari hardware. Saat ini kebanyakan orang menggunakan windows 10 yang notabene membutuhkan perangkat keras dengan kemampuan lebih. Jika ternyata hardware tidak mumpuni maka tentu saja kinerja Windows 10 ini juga semakin berkurang.

Cara Mempercepat Windows

Untuk mempercepat kinerja komputer maka kita perlu melakukan sedikit tweak pada sistem operasi dan juga melakukan upgrade hardware jika diperlukan. Berikut beberapa cara yang bisa kita praktekkan.

Bersihkan Sampah Sistem

Pada saat sistem operasi berjalan Windows membuat sejenis file sementara (temporary) untuk memperlancar proses. Tetapi buruknya file-file tersebut terkadang tidak terhapus otomatis saat sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu agar sampah-sampah tersebut hilang kita perlu menginstall aplikasi pembersih sampah.

Hapus Startup Aplikasi

Beberapa aplikasi menuliskan registry untuk bisa terbuka saat komputer dinyalakan. Semakin banyak aplikasi start-up maka proses loading windows menjadi semakin lambat.

Upgrade RAM / Memory

Perangkat komputer atau laptop membutuhkan memory untuk dapat menjalankan aplikasi. Tanpa memory maka windows tidak akan bisa berjalan. Windows 10 membutuhkan setidaknya 4GB untuk berjalan lancar. Komputer yang sudah cukup jadul biasanya terpasang 1 atau 2GB dan tentunya kurang lancar untuk dapat menjalankan OS apalagi aplikasi berat.

Ada beberapa tipe Memory komputer yang saat ini dipakai antara lain DDR1, DDR2, DDR3 dan yang terbaru DDR4. Kempat jenis RAM tersebut memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda. Jadi memory DDR2 tidak bisa digunakan begitu juga sebaliknya. RAM Laptop dan komputer juga berbeda bentuk yakni komputer menggunakan memory Longdim sedangkan laptop memakai RAM shortdim. Penting untuk kita memperhatikan karena kedua jenis RAM laptop dan komputer ini berbeda.

Upgrade Hardisk ke SSD

Seiring berkembangnya teknologi saat ini harga SSD sudah cukup murah. Untuk meningkatkan kinerja PC anda bisa upgrade dari hardisk konvensional ke SSD. Hardware tersebut akan meningkatkan performa PC anda berkali-kali lipat. Ada beberapa jenis SSD yang bisa menjadi pilihan mau yang SATA 2 atau SATA 3. Untuk ukuran dan kompatibilitas sama hanya saja yang membedakan adalah speednya.

Bagikan ke Temanmu

Copyright © 2021 - JP.com
Whatsapp Jepe