Mengenal GPS Tracker dan Cara Kerjanya

Hampir setiap waktu rata-rata orang memakai gadget untuk sarana komunikasi maupun hiburan. Secara sadar-atau tidak sadar sebenarnya kita menggunakan fitur GPS untuk berbagai macam keperluan. Salah satu yang sering kita lakukan adalah belanja atau jajan memakai aplikasi ojek online seperti Gojek atau Grab.

Selain untuk belanja secara online GPS juga sering digunakan untuk navigasi perjalanan. Ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk melalui rute perjalanan dengan lancar tanpa takut tersesat. Aplikasi yang paling sering digunakan yang sudah tidak asing lagi tentunya adalah Google Map karena aplikasi ini biasanya sudah ter-install di handphone baru.

Menurut Wikipedia GPS adalah penentuan posisi koordinat objek secara akurat yang didapatkan dari hasil singkronisasi lebih dari 20 satelit. Satelite tersebut akan memetakan lokasi, kecepatan dan waktu suatu objek baik diam maupun bergerak.

Istilah alat untuk mencari rute perjalanan tersebut adalah GPS navigator. Lalu apakah GPS Tracker itu? Apakah GPS tracker sama dengan GPS navigator seperti Google Map? Di sini kita akan bahas sedikit mengenai seluk beluk GPS Tracker dan Cara kerjanya.

Apa itu GPS Tracker?

Berbeda dengan GPS Navigator, GPS Tracker merupakan alat untuk mencari posisi objek bergerak dan umumnya user tidak berada di lokasi yang sama dengan objek. Fungsi utama GPS Tracker adalah melacak posisi objek secara realtime. Alat ini sering terpasang di kendaraan roda empat seperti mobil rental, truk, bis bahkan kendaraan pribadi sekalipun.

Fungsi GPS Tracker

Sebagaimana di atas biasanya GPS tracker dipasang dikendaraan yang fungsi utamanya adalah untuk tujuan pelacakan. Hal ini sangat penting karena pemilik armada kendaraan dapat mengetahui posisi kendaraan secara langsung. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian kendaraan maka pemilik armada bisa melakukan tracking dengan cepat dan akurat.

Cara Kerja GPS Tracker

Cara kerja GPS Tracker berbeda dengan GPS Navigator. GPS tracker membutuhkan SIM Card yang berisi kuota data untuk mengirimkan informasi ke server GPS. Informasi tersebut nantinya akan diolah sedemikian rupa sehingga pengguna dapat melihat informasi mengenai titik lokasi, laju kecepatan kendaraan, kapasitas bahan bakar bahkan bisa menyadap suara di dalam kabin.

Apakah GPS Tracker bisa untuk Motor?

Terkadang ada pertanyaan apakah GPS Tracker dapat dipasang di kendaraan roda 2 yakni sepeda motor? Jawabannya bisa, karena pada prinsipnya tegangan listrik di mobil dan motor sama yaitu 12 Volt. GPS tracker biasanya membutuhkan catu daya 12 Volt untuk menyalakan unit.

Bagikan ke Temanmu

Copyright © 2021 - JP.com
Whatsapp Jepe